Pacitan Exploride: Pantai Klayar

Dari goa Gong selanjutnya kita menuju salah satu pantai eksotis yang ada di Pacitan, pantai Klayar. Perjalanan bisa ditempuh sekitar 15 KM dari goa Gong ke arah pasar Kalak.

Tiba di lokasi pantai sekitar pukul 10. Ini merupakan kunjungan kedua saya ke sini. Dari kunjungan pertama selalu ingin balik lagi ke pantai ini lagi.

Untuk masuk lokasi pengunjung dikenakan biaya retribusi Rp3.000/orang dan Rp1.000/motor. Enam bulan yang lalu saya masih bisa masuk lokasi ini gratis, belum ada pos jaganya. :mrgreen:

Masuk kawasan pantai sudah tampak banyak pengunjung. Cuaca yang cukup terik sepertinya tak menyurutkan mereka menikmati pantai ini. Namun ada sedikit rasa kecewa, pantai ini sudah tak seindah dulu lagi. Ini adalah konsekuensi dari setiap pertumbuhan parawisata.

Pantai Klayar di akhir tahun 2012

Ada 2 hal yang berubah dan cukup menggangu pemandangan bagi saya dari kunjungan sebelumnya. Di ujung timur pantai ini sekarang sudah dijadikan tempat berlabuhnya peruhu-perahu nelayan pencari lobster yang pindah dari pantai Watu Karung. Tapi ini masih bisa dimaklumi, tidak semua masyarakat hidup dari parawasitanya.

Satu hal lagi yang tidak masuk nalar saya, adanya tiang-tiang lampu listrik yang di pasang di atas batu karang yang ada di ujung sana. Tak tau apa sih sebenarnya yang dipikirkan pengelola pantai ini. :-|

Tiang penggangu perusak pemandangan

Tak ingin terlalu larut dalam kekecewaan. :mrgreen: Mari kita mulai menikmati keindahan yang masih tersisa dari pantai ini.

Jika dulu tidak bisa menyaksikan Seruling Samudra karena ombak yang cukup tinggi. Kali ini sedikit beruntung. Masuk lokasinya katanya sih harus dipandu penjaga kawasan ini. Tak apalah. Hanya menarifkan Rp5.000 untuk berdua mereka juga sudah memberikan jasa pemanggil ombak Seruling Samudra yang fenomenal ini. :lol:

Seruling Samudra Blowholes on Klayar

Dikatakan Seruling Samudra karena celah pada batu tersebut akan mengeluarkan bunyi seperti seruling ketika ombak masuk melalui celah di bawah karang tersebut.

Berkunjung ke kawasan ini sangat dianjurkan tidak terlalu dekat dengan bibir karang. Tempat ini sudah cukup banyak mamakan korban.

Dari lokasi ini bisa disaksikan dengan jelas pantai Karang Bolong di ujung barat pantai ini. Nanti kita coba mampir kesana. :-D

Pantai Karang Bolong dikejauhan

Sudah cukup puas menyaksikan semburan air laut Seruling Samudra, mari kita sudahi saja pertemuan ini. Wisatawan juga sudah mulai semakin banyak mengunjungi lokasi ini.

Tak terasa hampir satu jam di bawah teriknya matahari menikmati pantai ini. Perut pun sudah mulai berontak. Mampir sebentar di warung sekitar sekedar “ngemil” penahan lapar sementara. :mrgreen:

Selesai mengisi sedikit amunisi, ayo kita lanjutkan perjalanan menuju pantai Karang Bolong yang tak jauh dari sini. :-)

About these ads

5 responses to “Pacitan Exploride: Pantai Klayar

  1. pacitan…selalu ingin kembali ke sana…terakhir ke sana naik mobil jadi kurang bisa menikmati nikmatnya mereng2..he..he..he..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s