Kawah Putih, Ciwidey, Bandung

Kawah Putih merupakan sebuah danau kawah dari Gunung Patuha dengan ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut. Termasuk dalam wilayah administrasi kabupaten Bandung dan berjarak sekitar 16 km dari pusat pemerintahannya atau sekitar 50 km dari kota Bandung.

Hampir 10 tahun tinggal di kota parijs van java dan ini baru kunjungan kedua saya ke sini. Jika sebelumnya motor bisa dibawa masuk hingga ke atas, kali ini hanya bisa dititip di parkir bawah.

Sebenarnya bisa saja melewati jalur adventure bawa motor hingga ke atas dan tentunya bisa gratis biaya masuk. Namun karena memang niatnya hanya ingin jalan santai bareng istri dan sedikit takut nyasar, jadilah hari ini jadi wisatawan biasa. Tapi lain kali harus dicoba dengan yang tau jalan tentunya. Colek pak Kadar. :)

Minggu (19/05) pagi pukul 5:30 berangkat dari kediaman di Bandung. Suasana yang masih cukup pagi sedikit mengurangi saya bertemu dengan kemacetan kota Bandung yang sudah sangat parah saat weekend tiba. Tak terasa 1 ½ jam kemudian saya dan istri sudah tiba di area masuk wisata.

Walau masih pagi, suasana salah satu wisata mainstream kabupaten Bandung ini sudah mulai tampak banyak calon pengunjung dari luar daerah.

Setelah beli tiket kemudian dipersilahkan naik angkot yang sudah dimodifikasi sebagai sarana angkutan menuju lokasi kawah. Berselang 15 menit kemudian akhirnya tiba di atas dengan aman.

Dari kunjungan pertama saya ke sini, tempat ini sudah banyak berubah menjadi terkelola. Tangga menuju kawah juga sudah makin bagus. Tidak ada lagi pedagang makanan yang dulu memenuhi tempat ini.

Danaunya tampak jauh lebih luas dan belerang di sisinya juga semakin jelas kelihatan.

Kawah Putih

Jalan menuju arah utara melalu sisi danau. Bekas tambang belerang tampak semakin rapat tertutup. Pada zaman pemerintahan Belanda sempat dibangun pabrik belerang dengan nama Zwavel Ontgining. Kemudian pada zaman Jepang, usaha tersebut dilanjutkan dengan nama Kawah Putih Kenzanka Gokoya Ciwidey.

Tambang belerang peninggalan zaman Belanda & Jepang

Disaranin kalau ingin berkunjung, siapkan masker kesehatan penutup hidung sebelum memasuki kawah. Gas belerang yang keluar ternyata cukup kuat, cukup membuat saya mual dan sedikit pusing walau saya sudah mengenakannya.

Semakin siang para wisatawan pun sudah mulai semakin banyak berdatangan. Sepertinya waktu berkunjung harus disudahi, memberikan kesempatan buat yang lain untuk menikmatinya.

Di terminal atas angkutannya tampak berbaris cukup rapi menunggu pengunjung memenuhi kursi-kursi dan membawa mereka turun.

Turun ke bawah menggunakan jenis angkutan yang sama. Namun turunnya terasa lebih cepat, serasa sedang naik wahana di Ancol. Yang nyopir kayaknya lagi ngehemat rem angkotnya. :|

Tiket Masuk Kawah Putih :

  • Wisatawan Mancanegara: Rp 30.000,-
  • Wisatawan Nusantara : Rp 15.000,-
  • Mobil naik ke atas : Rp 150.000,-
  • Angkot : Rp 10.000,- PP

Parkir :

  • Bus : Rp 25.000,-
  • Mobil : Rp 6.000,-
  • Motor : Rp 5.000,-
About these ads

41 responses to “Kawah Putih, Ciwidey, Bandung

  1. mahal juga ya untuk masuk mobil Rp150rb.. mudah2-an tujuanya supaya angkutan umum lebih dimanfaatkan..

  2. Lama nggak main ke sana trus baca informasi kalo tarif permobil 150.000 udah bikin syok…. Semoga aja dengan tarif semahal itu, pengunjung bisa dimanjakan fasilitas yg memadai pas nyampe di atas :-|

    • tak ada fasilitas yang istimewa di atas mas
      sepertinya hanya untuk membatasi jumlah kendaraan pribadi yang naik

      kalau menurut saya sih, tiket masuk perorang saja sudah termasuk mahal untuk sebuah wisata alam

  3. Wahhhh, bagus2 fotonya. Sayang dulu pas ke Bandung ga sempat ke Kawah Putih. Pemandangannya indah banget ! :)

  4. Hai.. salam kenal.. blognya cocok lo buat ikutan blog competition :)
    Ikutan yuk, total hadiah 12 juta nih.. minat? cek aja di bit.ly/11IwgXv
    Makasih :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s