Nikmatnya Berendam Air Panas Belerang Alami di Talaga Bodas

Cuaca yang cukup mendung pagi ini mulai menutupi sebagian langit Malangbong. Mentari pagi yang biasanya muncul di puncak Cakrabuana tak dapat menembus pekatnya awan. Namun hal ini bukan alasan yang tepat untuk membatalkan rencana ngebolang hari ini.

Tujuannya tidak begitu jauh, Talaga Bodas hanya berjarak sekitar 40 KM dari rumah mertua di Garut. Namun awal tahun lalu kunjungan saya ke sana butuh waktu tempuh hampir 4 jam menaklukkan jalur offroad yang hampir menguras semua tenaga. Kali ini penasaran ingin mencobanya kembali.

Memasuki jalan Talaga Bodas dari desa Wanaraja, jalan tampak masih seperti dulu. Jalan aspal berlobang dengan kombinasi jalan batu yang berdebu saat panas. Namun ada sedikit kemajuan, jika dulu jalannya semakin jauh semakin hancur hingga berkali-kali istri harus berjalan kaki melewatinya. Kali ini tampak mulai ada perbaikan dari pemerintahan setempat. Setengah jalurnya sudah berubah jadi jalan aspal kasar yang sangat mudah dilewati.

Sebagian masih dalam tahap perbaikan.

Dengan jalan yang sudah manusiawi dan pemandangan indah sepanjang jalan, perjalanan satu jam terasa begitu singkat. Gunung Sadahurip, gunung piramid yang cukup ramai diperbincangkan beberapa saat lalu juga menjadi bagian perjalanan menuju Talaga Bodas.

Gunung Sadahurip yang sempat terkenal.

Jika dulu hanya ada satu warung di dekat pos jaga. Saat ini sudah semakin menjamur yang mencari peruntungan di sekitar objek wisata baru Kabupaten Garut ini.

Pos jaga yang dulunya hanya beberapa meter dari telaga, sekarang sudah dipindahkan lebih ke bawah lagi. Mau tidak mau pengunjung harus berjalan sekitar 850 meter meninggalkan kendaraannya di tempat parkir. Beruntung dulu saya masih sempat menikmati bawa motor langsung hingga ke tepiannya. :mrgreen:

Tak sampai 30 menit menikmati jalan kaki sambil menghirup udara bersih pagi hari, akhirnya Talaga bodas sudah di depan mata. Tampak tak ada perubahan, semoga akan selalu terjaga seperti ini.

Di tepian Talaga Bodas

Menikmati sejenak pesona alam yang ditawarkan dan bersyukur dengan nikmat yang diberikan. Alam nusantara kita sunggung indah kawan!

Tak hanya telaga, pemandian air panasnya juga menjadi pelengkap petualangan hari ini. Hanya berjarak sekitar 200 meter menuju sisi sebelah kanan telaga. Melewati jalur setapak namun cukup lebar dan masih bisa sesekali melihat keindahan telaga dari balik semak-semak.

Walau masih cukup pagi, beberapa pengunjung sudah lebih dulu menikmati kolam air panasnya. Terbagi atas 5 kolam kecil yang tentu saja tidak bisa menampung banyak orang.

Pemandian air panas alami di tengah alam.

Tak ingin menyia-nyiakan waktu, segera bergabung dengan yang lain menikmati kolam pemandian yang disediakan gratis ini. Berenang di atas gelembung-gelumbung yang keluar dari dasar kolam. Bau belerang yang tidak menyengat, menjadikan lebih betah berlama-lama di sini.

Mantap pisan bro.

Enaknya pagi hari, masih sepi.

Badan rasanya sudah mendapatkan kembali tenaganya. Hari semakin siang, yang datang ternyata semakin banyak. Menurut yang biasa jaga di sini, siang hari area pemandian akan selalu ramai dikunjungi setiap harinya. Jadi yang ingin berendam tanpa keramaian, bangun pagilah langsung berangkat ke sini. :mrgreen:

Hari ini sudah cukup puas, saatnya menyudahi petualangan memberikan kesempatan yang lain menikmatinya.

Oh ya, untuk masuk lokasi Talaga Bodas pengunjung dikenai tarif retribusi Rp5.000,-/ 2 orang + motor. Tapi belum termasuk parkir ya sisbro. Selamat berpetualang.

Rute Malangbong – Talaga Bodas via Wanaraja

About these ads

4 responses to “Nikmatnya Berendam Air Panas Belerang Alami di Talaga Bodas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s