Menikmati Kesegaran Pagi di Curug Cinulang

Jalur yang biasanya tiap minggu dilewati menuju Garut, namun papan petunjuk itu hanya abaikan begitu saja tanpa ingin tahu lebih dalam. Curug Cinulang selama ini hanya kenal nama tanpa pernah bertatap muka. Air terjun ini terletak di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat.

Jurang cukup dalam akan menyambut di tanjakan awal. Serta jalan yang tidak terlalu lebar, hanya cukup dua mobil kecil berpapasan. Butuh konsentrasi lebih melewati jalur menuju kawasan hutan lindung Gunung Masigit Kareumbi tempat beradanya Curug Cinulang.

Melalui bypass Cicalengka sepertinya akses paling mudah menuju lokasi. Hanya sekitar 30 menit dari jalur mudik selatan Jawa Barat ini.

Tiba lokasi wisata suasana masih sepi, hanya ada sepasang sejoli dan seorang penjaja makanan di warung sekitar air terjun yang sudah lebih dulu datang. Akses menuju air terjun dari pintu masuk sudah cukup bagus, hanya saja semakin dekat dengan tujuan jalannya tampak semakin parah.

Menuju Curug Cinulang.

Tanpa harus turun ke dasar jurang pun pengunjung juga sudah bisa melihat dari atas kemegahan air terjun ini. Tapi rasanya kurang pas jika tak menikmati  langsung segarnya kibasan air terjun menerpa wajah.

Tampak gagah dari atas.

Mendekati air terjun jalan semakin licin, hawa dingin namun segar langsung menyelimuti tubuh. Jika saja punya waktu lebih ingin rasanya menyeburkan diri di aliran sungainya.

Curug Cinulang.

Biasanya terdapat dua air terjun dengan debit air yang hampir sama. Namun kali ini hanya satu yang cukup deras membelah aliran Sungai Citarik.

Sebelum pulang menikmati segelas kopi hangat sambil menatap keindahan Curug Cinulang ini dari warung penjual makanan yang banyak bertebaran di sekitarnya. Nikmat sisbro!

Warung penjual makanan hingga jasa penitipan barang banyak bertengger di sisi bukit.

Satu jam yang cukup singkat, saatnya menyudahi liburan dadakan ini. Setengah perjalanan mudik dari Bandung menuju Garut yang tertunda pun dimulai lagi. Pengunjung juga sudah mulai berdatangan, siap memenuhi kawasan wisata alam Curug Cinulang.

Rute Bandung – Curug Cinulang

About these ads

16 responses to “Menikmati Kesegaran Pagi di Curug Cinulang

  1. Eh baru tahu, berarti nggak jauh dari kampus gue yang “ndeso”, U*N*P*A*D. Kece juga tempatnya.
    Bang, minta masukan buat blog gue dong, apa yang masih kurang. Dua kontes nggak ada yang lolos haha -___-

    • betul om, jauh dari kata teratur
      mungkin karna masih dikelola swadaya masyarakat setempat
      bukti pemerintah daerahnya yang kurang peduli

  2. Pingback: Menikmati Kesegaran Pagi di Curug Cinulang | Blog·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s