Pantai Menganti, Pantai Nelayan Yang Sudah Ramai Wisatawan

Hari sudah semakin siang, tujuan yang semula ke pantai tak boleh dibatalkan hanya karena sudah bersenang-senang di goa. Tidak perlu berpikir panjang, roda berputar kencang menuju pesisir selatan yang tampaknya sudah dekat.

Benar saja, belum lama meninggalkan goa Petruk sudah tiba lagi di khawasan wisata pantai Logending atau yang lebih umum disebut pantai Ayah. Namun kali ini hanya dilewati saja, pantai Menganti yang sedang menjadi buah bibir lebih membuat penasaran mengunjunginya.

Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Hanya sekitar 30 menit dari goa Petruk. Kondisi jalan yang sudah cukup bagus namun sedikit sempit. Pengendara mobil tentunya harus lebih hati-hati di jalur ini.

Bukit Karangduwur menjadi pertanda perjalanan ke lokasi tinggal sedikit lagi. Tapi awas jangan sampai terlena bro, jurang cukup dalam mengintai di sisi kiri jalan.

Dari bukit Karangduwur, laut sudah tampak dekat

Dari bukit Karangduwur, laut sudah tampak dekat

Selanjutnya jalan akan semakin curam. Beberapa kali berpapasan dengan motor pengunjung tidak cukup kuat melewati tanjakan saat pulang. Jadi pastikan kendaraan benar-benar fit ya gan. :mrgreen:

Namun usaha yang dikeluarkan setimpal dengan yang didapatkan. Pantai Menganti dengan puluhan perahu nelayan sudah ada di depan mata.

Pantai Menganti, penuh dengan perahu nelayan yang berlabuh.

Tiba di pantai, matahari sepertinya persis di atas kepala. Sangat cerah dan begitu menyengat. Hanya tampak segelintir orang yang masih betah bermain di pasir putihnya yang hampir dihabisi jadi persinggahan perahu nelayan. Sesekali mereka harus menghindar dari terjangan ombak yang datang tiba-tiba. Dengan kondisi ini, haram hukumnya membawa anak kecil bermain di pantai ini. BAHAYA.

Sandaran perahu mengabisi pasir putihnya

Sang perahu, istirahat sejenak untuk tugas besok hari.

Jaring harus siap untuk berikutnya.

Jaring harus dipersiapkan untuk berikutnya.

Kebanyakan pengunjung lebih memilih berteduh di warung-warung yang langsung menghadap pantai sambil menikmati cemilan seadanya. Sebagian lagi memilih menuju mercusuar setinggi 20 meter di puncak bukit timur pantai ini. Namun tentunya akan lebih asik berkunjung saat pagi atau sore saja. Hareudang pisan euy.

Mampir sebentar ke arah barat pantai. Tebing-tebing hijau begitu kontras menghiasi pesisir. Perpaduan alam yang sangat sempurna.

Tak sanggup untuk lebih jauh lagi, dalam balutan jaket tebal badan rasanya sudah mulai basah kuyup oleh keringat. Mungkin pertanda harus segera pulang. Berkenalan singkat sudah cukup meninggalkan memori indah dengan pantai ini.

Saatnya pulang menuju Bandung, penjalanan masih panjang dan harus fokus tujuan untuk tidak mampir-mampir lagi. :mrgreen:

About these ads

6 responses to “Pantai Menganti, Pantai Nelayan Yang Sudah Ramai Wisatawan

  1. Pingback: Pantai Menganti, Pantai Nelayan Yang Sudah Ramai Wisatawan | Blog·

  2. Cah Kebumen Mas ? Kampung orang tua saya di Prembun.
    Bagus nieh buat jadi acuan tempat yg dikunjungi kalo mudik ke Kebumen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s