Journey to Jogja

Sudah beberapa tahun tinggal tanah jawa, tapi tak ada sedikit waktupun untuk singgah ke daerah ini. Jogja, kota yang sudah sejak lama ingin dikunjungi. Kota yang sangat khas dengan gudegnya.

Saat yang ditunggu akhirnya pun tiba. Libur lebaran tahun 2010 kemarin dirasa cukup untuk menikmati kota jogja beberapa hari. Karena lebaran kemarin tidak ada kesempatan mudik ke sumatra. Jadilah untuk mengisi libur yang lumayan panjang untuk seorang karyawan swasta ini, jogja mungkin dapat mengurangi sedikit kerinduan kampung halaman.

Start dari malangbong garut (dari rumah camer ๐Ÿ˜€ ) sabtu 11/09/2010 pukul 07.30 pagi dengan ditemani sang kekasih yang setia menemani perjalananku. Touring-pun dimulai dengan mengendarai my black pulsar.
Memasuki jalan raya, masih banyak ditemui yang akan mudik ke kampung masing2 walau hari itu sudah memasuki lebaran hari ke 2. Alhasil dapat juga menikmati kemacetan di beberapa titik antara malangbong dan ciamis. Melewati Ciamis, jalanan mulai sepi. Tanpa sedikitpun mengurangi kewaspadaan terhadap bahaya kecelakaan yang selalu mengintai, kecepatan motorpun ditingkatkan sedikit.

Tak Terasa sudah hampir pukul 12 siang, perut si cinta sudah mulai “keroncongan” ternyata ๐Ÿ˜€
Akhirnya diputuskan untuk istirahat di warung pinggir jalan di daerah sekitar wangon.
Selesai makan siang dan sholat zuhur perjalanan dilanjutkan kembali.

Perjalanan juga sudah mulai terasa berat, cuaca yang tiba-tiba berubah membuat terpaksa harus lebih berhati-hati. Di beberapa daerah juga masih terjadi kemacetan panjang yang membuat perjalanan semakin melelahkan.

Sekitar pukul 6 sore akhirnya tiba juga jogja. Dengan sisa-sisa tenaga, setelah hampir 1 jam keliling-keliling jogja baru bisa dapat penginapan yang lumayan bagus dan lumayan murah. Cek-in di hotel di jalan Prawirotaman Jogja, bersih-bersih, makan malam, kemudian saat-saat yang dinantikan pun tiba. Tidurrrrrrrr…….

Hari berikutnya bangun sekitar pukul 4 pagi, badan juga sudah fit lagi. Solat subuh dan bersiap-siap untuk memulai wisata di jogja. Borobudur menjadi tujuan utama hari itu, yang jarak dari hotel sekitar 44 KM. Diperjalanan disempatkan mampir dulu di jalan Malioboro untuk mengisi perut yang sudah mulai berontak ๐Ÿ˜€

Selesai sarapan perjalanan pun dimulai lagi. Sambil menikmati suasana jogja pagi hari, motor pun melaju dengan santai. Tak seperti perkiraan sebelumnya, memasuki jalan Salaman – Mungkidย  Borobudur sudah dipadati kendaraan roda 2 maupun roda 4.ย  Jarak yang hanya tinggal 11 KM akhirnya bisa ditempuh dalam 1 jam dengan bermacet-macet ria. ๐Ÿ˜€

Sesampai di Borobudur, disuguhkan pemandangan yang sangat mencengangkan. Pemandangan yang tidak bisa dilihat di hari biasa. Borobudur sudah seperti pasar minggu gasibu yang di bandung. Walau padat tapi tak sampai merayap ๐Ÿ˜€

Setelah cukup Menikmati dan bernarsis ria di borobudur, saatnya kembali ke jogja. Cuaca pun sudah mulai mendung. Sepertinya hujan tidak lama lagi akan turun. Perjalanan pulang dilalui lebih lancar dibandingkan berangkatnya walau masih terdapat sedikit kemacetan di beberapa titik.

Sekitar pukul 2 siang sudah memasuki kota jogja lagi, sambil menuju ke hotel disempatkan mampir dulu di RM Padang. Alhamdulillah sekitar jam 3 kembali juga ke hotel.

Saatnya mengumpulkan tenaga lagi untuk menikmati indahnya kota jogja di malam hari. Tidur lagiiii……Zzz….ZzZ…zzZ

Karna mungkin tadi terlalu capek, jadinya bangun hampir azan magrib. Langsung mandi dan solat magrib. Rencana wisata malam terpaksa dibatalkan, cuaca jogja malam itu lagi tidak bersahabat. Terpaksa beli makan di sekitar hotelย  untuk makan malam. Selesai makan, si cinta keliatan sudah ngantuk lagi. Tak lama bertahan akhirnya si cinta duluan ke dunia mimpi. he..he..

Pukul 11 malam, mata sudah mulai ingin istirahat. Baru beberapa menit terlelap, si cinta bangun lagi mau solat isya. Selang beberapa menit kemudian, seluruh penghuni hotel berhamburan keluar karna merasakan gempa yang cukup membuat jantungan. Ternyata sumber gempa ada di 23 KM tenggara Bantuk dengan skala 5 SR dikedalaman 10 KM.

Minggu 12/09/2010 pukul 5 pagi, si cinta sudah bangunin biar solat subuh dulu. Karna gempa malamnya, si cinta memutuskan dengan hak veto-nya untuk pulang ke malangbong lagi hari itu juga. Ya sudah, mungkin lain kali bisa dilanjutin lagi keliling jogja-nya.

Pukul 7 pagi cek-out dari hotel. Trus mampir ke keraton sebentar lanjut ke Jalan AIP II KS Tubun beli oleh-oleh bakpia buat keluarga di malangbong ๐Ÿ™‚

Perjalanan pulang tak berbeda jauh dengan saat berangkat. Macet panjang tetap terjadi. Masuk daerah Wates, mampir dulu ke pantai Congot yang letaknya tidak jauh dari jalan utama. Puas bernarsis ria, perjalanan dilanjutkan kembali. Kali ini mencoba melewati jalan alternatif. Beberapa kali sempat ragu kalau jalan itu benar atau salah. Di GPS tidak tampak ada jalan ini. Kepalang tanggung, sambil melihat rambu-rambu arah perjalanan dilanjutkan saja. Alhamdulillah ternyata jalan yang dilalui benar dan kembali ke jalan utama.

Pukul 6 Sore sudah memasuki daerah Banjar, sedikit lega karna merasa perjalanan sudah tidak jauh lagi. Memasuki daerah Ciamis, hujan mulai turun. Karna perut sudah mulai lapar lagi jadi mampir dulu di warung mie ayam yang lumayan bisa untuk menahan rasa lapar sambil menunggu hujan reda.

Selesai makan dan hujan juga sepertinya enggan untuk berhenti. Dengan memakai perlengkapan hujan, jalanan pun dilalui dengan lebih berhati-hati lagi. Ternyata hujan tak cukup menantang, beberapa KM dari kota Ciamis macet panjang pun tak terhindarkan. Dengan sisa-sisa tenaga akhirnya bisa juga melewati kemacetan setelah melewati daerah gentong. Lumayanlah tantangannya, yang seharusnya bisa dilewati 1 jam, kali ini terpaksa harus bersabar 3 jam untuk bisa melewati jalur ini.

Rute Perjalanan

Pukul 10 malam akhirnya touring jogja pun harus berakhir dengan zero accident. Walau cuma sebentar menikmati jogja, cukup untuk mengurangi rasa penasaran selama ini. Semoga next time ada kesempatan kesana lagi.

Advertisements

4 responses to “Journey to Jogja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s