Pulsarian Bandung: Safety Riding Course II

Selasa, 7 Desember 2010 Pulsarian Bandung dengan jerih payah Bro Rendy 1268 dan rekan2 yang lain akhirnya bisa mendapatkan tempat dan sukses mengadakan Safety Riding Course (SRC) di PT Pindad Bandung. SRC ini wajib diikuti oleh rookie yang akan dilantik dan bagi ranger yang belum pernah ikut.

SRC ini bertujuan untuk :

  • Peserta mendapat pengertian, kesadaran dan awareness mengenai pentingnya keamanan dan keselamatan berkendara hingga dapat merubah perilaku berkendara menjadi lebih baik.
  • Peserta mendapatkan keahlian-keahlian dasar dan lanjut dalam berkendara motor sehingga bisa lebih baik dalam berkendara dan juga lebih percaya diri dalam berkendara.
  • Peserta mendapatkan informasi dan pemahaman mengenai peraturan-peraturan lalulintas.
  • Peserta mendapatkan pengetahuan seputar safety dynamics sepeda motor dan juga melakukan pemeriksaan motor sendiri sebagai β€œself motorcycle inspection”.
  • Peserta mendapatkan pengetahuan seputar berkendara dalam group dan segala seluk beluknya, dan
  • Dari kesemua itu diharapkan setelah pelatihan peserta dapat menjadi contoh bagi masyarakat luas bagaimana menjadi pengendara yang baik dan aman.

Lokasi Praktik

Kegiatan ini mulai rutin diadakan di Pulsarian Bandung sejak pelantikan angkatan sebelumnya, sebagai salah satu syarat untuk bisa dilantik menjadi Ranger Pulsarian. Kali ini ada sekitar 20 Ranger dan Rookie yang ikut berpartisipasi meramaikan acara ini.

Dimulai dengan sesi teori yang disampaikan oleh Ketua Pulsarian Bandung (Bro Budi Prastowo 151 a.k.a Kampak). Peserta sepertinya menyimak dengan sangat antusias materi-meteri yang disampaikan oleh narasumber. Sementara itu beberapa ranger panitia sibuk mempersiapkan track untuk sesi praktik.

Sesi Teori

Sekitar pukul 12 siang, sesi teori pun usai sudah. Dilanjutkan dengan makan siang yang sudah disediakan oleh panitia. Selesai santap siang, dan sambil menunggu sesi praktik dimulai beberapa peserta dipersilahkan melaksanakan kewajibannya menghadap Tuhan YME.

Makan siang ala bikers

Setelah dirasa semua peserta sudah cukup beristirahat, sesi praktik yang ditunggu-tunggu pun segera dimulai. Kali ini ambil alih kembali oleh bro Budi. Dimulai dengan stretching (peregangan) dulu. Walau beberapa “beruang” sedikit bersusah payah, namun semuanya tetap semangat πŸ˜€

stretching

Sesi praktik dimulai dengan demo yang dilakukan oleh bro Syarif 284. Dimulai dengan balance track, slalom, chidori, bumpy ride, dan terakhir sudden breake. Semua peserta keliatan sangat antusias ingin segera mencoba track yang disediakan. Satu per satu peserta pun mulai menunjukkan kebolehannya dalam beraksi. Semua peserta keliatan memiliki skill yang hampir merata. Walau tidak semua berani melalukan sudden breake untuk kedua kalinya, mungkin efek sudden breake sebelumnya membuat jantung sedikit mempercepat detakannya belum normal lagi πŸ˜€

Balance track

Lagi ngetest track Chidori (narsis mode on)

Chidori - photograph by Adhi Satrio

Bumpy Ride

Uji nyali di track Sudden Breake - Photograph by Adhi Satrio

Selesai semua peserta selesai mencoba track langit sudah mulai menunjukkan tanda2 akan hujan turun. Selang beberapa menit kemudian, hujanpun turun dengan lebatnya. Semua peserta diarahkan kembali ke ruang kelas untuk melanjutkan acara selanjutnya.

Sesi terakhir ditutup dengan pengenalan organisasi untuk para rookie yang juga disampaikan oleh Bro Budi.

Special thaks to :

bro Budi 151 a.k.a kampak yang sudah sudi menjadi narasumber tunggal
bro rendy 1268 dan rekan2 panitia lainnya yang sukses melaksanakan acaranya
bro adla 1271 dan bro Adhi 670 atas foto2nya PT Pindad Bandung atas tempatnya
Advertisements

3 responses to “Pulsarian Bandung: Safety Riding Course II

  1. Pingback: Pulsarian Bandung: Safety Riding Course IV « Enjoy The Journey·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s