Pantai Pangandaran

Minggu, 1 Januari 2012. Hari pertama di tahun 2012 bersama istri tercinta sedikit berpetualang kembali menikmati wisata yang ada di nusantara ini. Cukup lama istirahat dari hobby yang satu ini. Kali ini tujuannya adalah pantai Pangandaran yang merupakan sebuah objek wisata pantai andalan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Berangkat sekitar pukul 06:30 pagi dari kediaman mertua di Malangbong, Garut. Jalanan yang masih sangat sepi membuat perjalanan lebih terasa nikmat.ย Sekitar pukul 07:15 mampir sejenak menyiapkan perbekalan di mini market di daerah Cikalong, Ciamis.

Sekitar 15 menit kemudian perjalanan dilanjutkan kembali. Kali ini perjalanan dimulai dengan sedikit gerimis dan cuaca yang cukup mendung. Hingga memasuki kota Ciamis, terpaksa berhenti sejenak dan menggunakan raincoatย karena hujan yang sudah mulai lebat.

Saat berteduh, masih bisa menikmati pemandangan sekitar

Hampir sepanjang perjalanan hujan selalu setia menemani hingga tiba sekitar pukul 11:30 di pantai Pangandaran. Cukup frustasi melihat kepadatan kawasan ini. Efek dari tahun baru membuat objek wisata pantai Pangandaran selalu padat pengunjung.

Bagaimana menikmati pantai dengan suasana seperti ini?

With my lovely wife

Tidak terlalu suka dengan keramaian. Saya dan istri memilih mencari tempat lebih ke arah barat pantai Pangandaran. Di sini cukup bisa menikmati gulungan ombak khas pantai selatan. Hujan juga sudah reda dan cuaca pun sudah mulai tampak cerah.

Terasa damai. Perbedaan yang sangat mencolok dengan kawasan pantai sebelahnya.

Ombak khas pantai selatan. Not for swim.

Jika ingin bermain ombak, selalu waspada. Banyak ombak besar yang bisa datang kapan saja.

Terasa lebih indah jika selalu bersama.

Sekitar pukul 14:00, saatnya kembali ke kediaman mertua. Memang tidak direncanakan untuk menginap berhubung besoknya sudah mulai kerja lagi. Cukup puas, namun tidak cukup menarik. Tapi rasa penasaran saya selama ini sudah terobati. Kalau kata istri saya sih, jauh lebih bagus Sawarna. :mrgreen:

Beautiful but dangerous

Wajib narsis…hehehe

Selalu setia menemani kemana pun pergi.

Perjalanan pulang harus lebih hati-hati melihat bayaknya wisatawan lokal yang juga harus mengakhiri liburannya dan kembali ke habitatnya masing-masing. Mulai daerah banjarsari, cuaca yang tadinya cerah mulai tampak mendung lagi.

Dengan konsisi cuaca yang sudah mulai gerimis dan perkiraan hujan mungkin akan nemani selama perjalanan, maka perlengkapan pelindung dari hujan pun langsung digunakan.ย Tepat saja, sebelum memasuki kota Banjar. Hujan sudah siap menyambut.

Sedikit berbeda dengan saat keberangkatan. Daerah Gentong saat pagi yang tergolong masih sepi. Saat Sore ini kondisinya tidak jauh berbeda saat arus balik lebaran. Ramai dengan kendaraan yang baru pulang liburan.

Tiba di rumah sekitar pukul 18:30. Langsung mendapat suguhaan teh hangat dari mertua. Sungguh nikmat setelah dibalut kedinginan sepanjang perjalanan.

Total perjalanan sekitar 268 KM dengan waktu tempuh 12 Jam. Cukup melelahkan hingga tidak butuh waktu lama untuk bisa tidur nyenyak. :mrgreen:

Rute Malangbong – Banjar – Pangandaran

Advertisements

9 responses to “Pantai Pangandaran

  1. Cihui…taon baru-an di pantai pangandaran. Dikirain kesana-nya pas malam pergantian taon baru-nya bang ๐Ÿ˜€

    • wah gak kebayang ramainya gimana klo malam tahun barunya disana ๐Ÿ˜€
      malam tahun barunya di rumah aja
      tapi jam 10 juga udah tidur :mrgreen:

    • eh…ada fera ๐Ÿ™‚
      berdua itu emang lebih asik, dibandingkan sendirian…hehehe
      pantainya sih lumayan, tapi di jawa barat ini masih banyak yang lebih bagus kok :mrgreen:

  2. Pingback: Pantai Batukaras « Enjoy The Journey·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s