Pantai Batukaras

Pantai Batukaras merupakan salah satu objek wisata pantai yang berada di sekitar  Pangandaran. Terletak di desa Batukaras, kecamatan Cijulang, Jawa Barat. Jalur yang umum dilewati biasanya melewati pantai Indah Pangandaran sekitar ± 38 KM menuju arah timur. Namun sedikit berbeda dengan jalur adventure saya dengan istri kali ini.

Sabtu, 24 Maret 2012. Berangkat sekitar pukul 06:30 dari kediaman mertua di Malangbong, Garut. Menuju pantai Batukaras namun dengan rute yang tidak biasanya.

Perjalanan cukup ramai namun tetap lancar hingga daerah Cikoneng, Ciamis. Kemudian di daerah tersebut belok kanan menuju arah Manonjaya, Tasikmalaya. Jalur Cikoneng hingga Manonjaya, jalanan cukup ramai dengan kondisi jalan yang tidak terlalu lebar membuat kita harus lebih ekstra hati-hati.

Kemudian berturut-turut melewati daerah Salopa, Cikatomas dan Cikalong. Melewati daerah ini harus siap-siap melewati ratusan tikungan, untung dengan kondisi jalan mulus. Jalur yang cocok bagi yang suka cornering. :mrgreen:

Dari Cikalong, petualangan sesungguhnya baru dimulai. Perjalanan ke Batukaras masih sekitar 40 KM lagi. Namun dengan kondiri jalan ± 32 % rusak parah. 😯

Hampir sepanjang perjalanan hingga daerah Kalapa Genep didominasi truk-truk pengangkut pasir. Mungkin kondisi ini yang membuat jalan rusak parah. Lagi-lagi masih beruntung cuara sedang cerah. Tidak terbayangkan melewati jalur ini dengan kondiri jalan basah.

Dengan sisa-sisa tenaga yang sudah mulai habis melewati jalur rusak. Akhirnya sekitar 27 KM terakhir ketemu juga dengan aspal mulus. Terasa sangat nikmat hingga perjuangan sebelumnya rasanya terlupakan begitu saja.

Sekitar pukul 11:30. Hanya dengan membayar biaya masuk Rp 6000,- untuk berdua, akhirnya tiba juga di kawasan Pantai Batukaras. Ternyata kawasan ini sudah cukup ramai pengunjung.

Karena tidak terlalu suka dengan keramaian. Saatnya mencari spot-spot bagus yang lebih sepi. Dengan istri sebagai komando yang sudah 4 kali berkunjung ke daerah ini.

Sedikit mendaki di bukit sisi kanan pantai. Kita akan merasakan betapa indahnya bumi pertiwi kita ini.

Cukup puas menikmati pantai di sisi ini. Saatnya kembali ke pusat keramaiannya. Namun suasana sudah cukup sepi dari sebelumnya. Mungkin mereka sudah cukup puas bermain airnya. Walau masih ada beberapa orang yang sedang merasakan sensasi water sport ala Batukaras ini.

Cukup puas bermain di sini. Selanjutnya menuju arah barat pantai ini. Lokasi cukup sepi, hanya tampak beberapa nelayan yang sedang beraktifitas.

Suasana tenang, jauh dari kebisingan

Lokasi ini sebenarnya tempat berlabuhnya sebagian kapal-kapal nelayan. Jadi sangat wajar jika sesepi ini.

Tak terasa jam sudah menunjukkan pukul 2:30. Saat kembali ke rumah mertua. Sebelum mencari jalur pulang, disempatkan sejenak melihat kondisi di sekitar Green Canyon atau Cukang Taneuh sebutan warga sekitar. Waw…fantastis sekali ramainya.

Tidak ingin berlama-lama karena bukan bagian dari rencana awal. Segera mencari informasi rute lagi ke warga sekitar.

Jalur pulang sedikit berbeda dengan berangkat, dari daerah Cijulang kita langsung menuju arah Cikatomas tanpa melewati Cikalong dulu. Sedikit berharap jalanan yang akan dilalui cukup bagus.

Namun nasib ternyata berkehendak lain. Jalur Cijulang hingga Cikatomas mungkin sekitar 70% dari ± 40 KM, rusak. Lagi-lagi skill offroad dengan motor berat diuji lagi :mrgreen:

Setelah hampir 2.5 jam perjalanan yang melelahkan, tiba juga di daerah Cikatomas dengan kondiri jalan yang lebih manusiawi. Selanjutnya perjalanan menuju arah Kota Tasikmalaya terbilang cukup lancar.

Dengan sidikit kekuatan yang masih tersisa, sekitar pukul 8:30 malam akhirnya tiba dengan selamat di rumah mertua. Sungguh bahagia rasanya bisa segera melepas lelah.

Rute Malangbong – Manonjaya – Cikalong – Batukaras – Tasikmalaya – Malangbong

Advertisements

13 responses to “Pantai Batukaras

    • betul sekali kang.
      punya hobi sama dengan istri mantap bgt

      kalau mau touring gak susah izinnya 😀

      semoga segera menemukan istri yg sehobi kang :mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s