Jelajah Jawa Timur: Day 1 – Bermalam di kaki Gunung Lawu

Jum’at, 22 Juni 2012. Perjalanan kali merupakan impian yang sudah lama terpendam, menjelajah keindahan Jawa bagian timur. Berangkat dari Malangbong, Garut sekitar pukul 5 pagi hari setelah menunaikan solat subuh. Menuju arah Ciawi Tasikmalaya, berdua dengan istri memulai perjalanan dikegelapan pagi yang masih sepi.

Hingga memasuki daerah Ciawi tepatnya di sekitar Masjid Baitul Amanah atau yang biasa disebut  Masjid Itje, kita berhenti sejenak untuk bergabung dengan seorang teman di komunitas yang sudah lebih dulu tiba dari kediamannya di Cililin, Bandung Barat.

Oh ya, kali ini perjalanan tidak seperti biasanya yang hanya berdua dengan istri tetapi akan ditemani juga oleh Pak Kadar yang merupakan seorang petualang sejati. :mrgreen:

Sekitar pukul 5:30 perjalanan duet ini pun dimulai dengan posisi saya dan istri di depan. Jalanan yang sepi membuat perjalanan lebih konstan. Hingga memasuki daerah Banjar, perut yang baru sedikit diisi sejak pagi mulai berontak. Singgah sebentar di RM Warung Jeruk daerah Banjar untuk sarapan pagi sekalian istirahat sejenak.

Cukup 1/2 jam sarapan dan istirahatnya, sekitar pukul 7 pagi perjalanan menuju timur dilanjutkan kembali.

Memasuki wilayah Jawa tengah, perjalanan harus lebih hati-hati. Kondisi jalan yang tidak begitu mulus memaksa kita untuk mengurangi sedikit laju kendaraan. Namun memasuki wilayah Majenang, kondisi jalan mulai cukup bagus, hanya di beberapa bagian kecil saja yang sedikit rusak.

Tak terasa sudah 2 jam perjalanan hampir tanpa henti. Beruntung sudah memasuki daerah Rawalo, Banyumas. Daerah tempat wajib berhenti jika melewati daerah ini. Berhenti sembari istirahat untuk menikmati kuliner khas Banyumas, Es Dawet Hitam.

Es Dawet Hitam Khas Banyumas

Segar dan nikmatnya cukup membuat semangat kembali bangkit lagi. :mrgreen:

Rasanya betah berlama-lama disini, namun perjalanan masih panjang. Petualangan dilanjutkan kembali dengan kecepatan sedang, lalu lintas jalan raya juga sudah cukup ramai.

Memasuki wilayah Kaliwatu Bumi, alarm di HP menyala menandakan sudah pukul 11:15 yang sudah diset sebelumnya untuk menandakan agar segera mencari Mesjid terdekat untuk menunaikan solat Jum’at. Hingga akhirnya 15 menit kemudian kita baru menemukannya di sekitar Kutoarjo. Kembali istirahat dan solat.

Sekitar pukul 12:30 selesai sudah melaksanakan kewajiban, saatnya makan siang mengisi tenaga lagi tidak jauh dari Mesjid. Lapar….euy… 😛

Selesai santap siang, beberapa pengunjung yang sedang makan siang sedikit tertarik dengan perjalanan kita. Mengetahui tujuan kita masih jauh, mereka menyarankan agar melalui arah Grabag tanpa harus melewati jalur Purwodadi yang akan ramai dengan kendaraan besar.

Dengan segala pertimbangan akhirnya kita melewati jalur Grabag. Jalan yang cukup mulus di ± 15 KM pertama, membuat perjalanan semakin menyenangkan. Selanjutnya beberapa kilometer akan merasakan sedikit jalan rusak. Namun selanjurnya hingga Jogja akan disuguhi jalan aspal mulus. Jalan bagus bukan berarti bisa ngebut lho. Berbuhung melewati jalan yang tidak jauh dari laut selatan Jawa, maka bersiap-siaplah mengadapi terpaan angin yang cukup kuat. Hingga beberapa kali motor terasa hampir melayang. 😯

Tiba di daerah Bantul, perjalanan langsung diarahkan melewati Jalan Ring Road Selatan Jogja menuju Klaten. Arus lalu lintas ramai lancar dengan suhu cukup panas membuat perjalanan semakin berat. Sebelum memasuki wilayah Jawa Tengah lagi, mampir lagi di SPBU sekitar untuk solat Ashar setelah sebelumnya tidak menemukan Mesjid di sepanjang jalan.

Sekitar pukul 14:30 perjalanan dilanjutkan kembali menuju Surakarta. Di daerah Surakarta sempat merasakan kemacetan parah. Bersaing dengan bus-bus dan truck-truck melewati jalanan yang cukup sempit. Motor dengan terpaksa hanya kebagian sedikit bahu jalan tapi bukan trotoar lho, trotoar hanya untuk pejalan kaki haram hukumnya dilewati motor. 😛

Memasuki Karanganyar, matahari sudah tidak tampak lagi. Segera mencari Mesjid untuk solat magrib berjamaah. Hingga akhirnya bertepatan adzan berkumandang ketemu dengan Mesjid di daerah Jaten, Karanganyar. Segera bergabung dengan jamaah yang lain menunaikan kewajiban.

Selesai solat, istirahat sejenak sambil memperbaiki tuas kopling yang dirasa kurang nyaman. *sok tau mode on 😛

Setelah dirasa pas dan berhubung sudah malam, saatnya ngisi kembali perut yang sudah mulai berontak. :mrgreen:

Beruntung di sekitar Mesjid ada banyak warung pinggir jalan yang bisa disinggahi. Jadi tidak terlalu pusing mencari tempat makan lagi.

Cukup menikmati makan malamnya. Malam juga sudah semakin larut. Rencana awal nginap di Kediri terpaksa dialihkan. Perjalanan kemudian dilanjutkan ke arah daerah wisata Tawangmangu untuk mencari penginapan. Kondisi jalan yang sudah gelap dengan jalan yang didominasi tanjakan dan tikungan-tikungan tajam membuat kita harus lebih ekstra hati-hati.

Tiba di Tawangmangu sekitar pukul 20:00, cukup banyak terdapat penginapan di sepanjang jalan. Harga sangat variatif, mulai dari yang murah hingga mahal. Tergantung fasilitas yang diharapkan.

Setelah keliling nyari yang dirasa cocok, akhirnya kita memilih penginapan Pondok Garuda yang ada di sisi kiri jalan. Unit yang tersisa hanya yang paling murah. 😀

Pas banget, buat numpang tidur tidak butuh yang terlalu mahal. :mrgreen:

Untuk 1 malam per kamar dikenai tarif Rp60.000,- saja. Sudah termasuk welcome drink, TV, air panas untuk mandi (walau hanya beberapa saat saja yang berfungsi), juga sarapan pagi untuk 2 orang. Murah kan. 😆

Tubuh juga sudah mulai terasa lelah, rasa dingin hembusan angin dari gunung Lawu sepertinya semakin kuat saja. Saatnya istirahat untuk perjalanan selanjutnya yang masih panjang.

Rute Malangbong – Tawangmangu ± 450 KM

*) maaf fotonya terbatas, perjalanan hari pertama yang diburu waktu :mrgreen:
Advertisements

2 responses to “Jelajah Jawa Timur: Day 1 – Bermalam di kaki Gunung Lawu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s