Istana Maimun

Jum’at, 17 Agustus 2012. Berhubung lagi mudik alias pulang kampung, sengaja menyempatkan diri mengajak istri menikmati salah satu ikon kota Medan yang terletak di Jalan Brigjen Katamso, Istana Maimun atau biasa juga disebut Istana Putri Hijau yang dibangun oleh Sultan Deli, Ma’moen Al Rasyid Perkasa Alamsyah pada tahun 1888.

Berdua dengan istri ditemani adik dan temannya sebagai pemandu mulai menelusuri keindahan-keindahan arsitektur Istana Melayu ini. Untuk bisa masuk lokasi kita diharuskan membayar tiket masuk Rp5000/orang, cukup murah kan. :mrgreen:

Istana Maimun

Pertama masuk kita sudah dibuat kagum dengan desain interior yang cukup wah. Perpaduan unsur-unsur kebudayaan Melayu dengan gaya Islam, Spanyol, India dan Italia yang sangat serasi.

Ruang Utama

Beberapa lukisan yang menggambarkan sosok Sultan Deli dari berbagai generasi juga dipajang di sudut-sudut ruangan.

Sultan Ma’moen Al Rasyid Perkasa Alamsyah
Sultan Deli IX (1873 – 1924)

Di dalam Istana juga tersedia souvenir khas Maimun yang bisa dibeli. Juga ada jasa penyewaan pakaian khas Melayu yang bisa ditebus dengan mahar Rp20.000/orang. Lengkap sudah, bisa berandai-andai sejenak jadi Sultan dan Permaisuri sehari di Istana Maimun. :mrgreen:

banghendri & wife @ Istana Maimun

Meriam Puntung

Di sekitar Istana juga terdapat Meriam yang sepertinya agak dikeramatkan. Legendanya Meriam ini adalah penjelmaan dari adik Putri Hijau dari kerajaan Deli Tua yang berubah menjadi meriam dalam mempertahankan Istana dari serbuan Raja Aceh yang ditolak pinangannya oleh Putri Hijau.

Legenda Meriam Puntung

Meriam Puntung

Semoga tetap terus dilestarikan. Bangsa yang hebat adalah bangsa yang menghargai sejarah.

Lokasi Istana Maimun

Advertisements

13 responses to “Istana Maimun

  1. saya lahir dan besar di jawa, dari orang tua jawa, lalu sebuah perjalanan membawa ke tanah sumatera utara, dan disana saya ‘bersimpuh’ lalu tak kuasa menahan takdir bahwa mungkin leluhur saya dari situ hehehe… *maaf agak (sok) puitis… 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s