Situ Lengkong Panjalu

Situ Lengkong Panjalu merupakan objek wisata danau dengan pulau Nusa Gede cukup luas di tengah-tengahnya. Di pulau tersebut terdapat hutan lindung serta peninggalan purbakala. Terdapat juga makam penyebar agama Islam yang bernama Mbah Panjalu yang banyak dijadikan sebagai wisata ziarah para pengunjung.

Terletak di desa Panjalu, kecamatan Panjalu, Ciamis, Jawa Barat. Berjarak sekitar 30 KM dari kota Ciamis, lokasi ini cukup mudah diakses dengan kondisi jalan yang cukup bagus.

Gerbang Masuk

Sabtu, 22 September 2012. Sekitar pukul 11 siang, berdua dengan istri berangkat dari rumah mertua di Malangbong, Garut. Sekitar 28 KM dari Malangbong dapat ditempuh kira-kira 1 jam perjalanan.

Tiba sekitar pukul 12 siang, lokasi juga sepertinya sudah banyak pengunjung. Tampak dari banyak bus yang sudah parkir.ย Untuk masuk ke lokasi, pengunjung dikenakan biaya retribusi Rp 2.500/orang. Cukup murah bukan? :mrgreen:

Tiket masuk Situ Lengkong Panjalu

Untuk menikmati suasana danau, pengunjung disediakan perahu yang bisa disewa dengan biaya Rp125.000/perahu. Satu perahu dapat diisi kira-kira 10 orang. Jika hanya ingin berduaan mengelilingi danau, bisa juga menyewa sepeda air dengan biaya sewa Rp40.000 sepuasnya.

Perahu siap untuk disewa

Pengungjung menggunakan perahu menuju tempat ziarah di tengah danau

Seperti tempat wisata pada umumnya, di kawasan ini juga banyak dijual souvenirย khas Panjalu yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Setelah puas menikmati suasana sekitar danau tak ada salahnya jika mampir sejenak ke kios-kios sekedar mencari yang pas untuk dibawa pulang. :mrgreen:

Kios pedagang Situ Lengkong Panjalu

Sekitar pukul 13:20 saatnya kembali ke rumah. Kemudian menunaikan sholat zuhur tak jauh dari Situ di desa Sindang Herang.

Perjalanan akan lebih tenang jika sudah melaksanakan kewajiban

Alhamdulillah sekitar 1 jam perjalanan akhirnya kembali lagi ke rumah mertua. Saatnya istirahat melepaskan sedikit rasa lelah di perjalanan. ๐Ÿ˜€

Rute Malangbong – Situ Lengkong Panjalu

Advertisements

4 responses to “Situ Lengkong Panjalu

  1. tapi aku sering kesana gan, kdang ku tuh ga bayar gan tapi katanya sih kalo memang penduduk disitu kadang gratis ya gan?

    enak juga pemandngannya..apa lagi kalo ke ranjeng, mantapppp (y)
    makasih gan ๐Ÿ˜‰

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s