Jelajah Pesisir Gunung Kidul: Day 1 – Nikmatnya Santap Siang Soto Kalkun Pak Kenthus

Keinginan sejak lama menikmati keindahan pesisir Gunung Kidul akhirnya bisa mulai terwujud. Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten dari Provinsi DI Yogyakarta yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia di bagian selatannya.

Kamis, 15 November 2012. Berangkat dari Malangbong Garut sekitar pukul 2 dini hari ditemani Pak Kadar dan Kang Agustina yang sudah lebih dulu riding dari Bandung. Dengan posisi saya di depan serta berurutan kang Agus dan Pak Kadar di belakang dengan Basmalah jelajahan kali ini pun dimulai.

Mungkin karena bertepatan dengan banyaknya yang cuti bersama, jalur selatan menuju Jogja sudah mulai tampak ramai dengan kendaraan luar kota.

Setelah kota Banjar istirahat sejenak di SPBU Cisaga untuk menunaikan solat Subuh berjamaah. Tak lama setelah Solat, rombongan Haby, Sena dan Jody tiba dan ikut bersama-sama istirahat. Rombongan Haby cs ini rencananya akan menghadiri acara Pelantikan Gabungan Pulsarian Community di Tawangmangu dan kemudian akan melanjutkannya lagi ke acara ulang tahun Pulsarian Jogja.

Setelah istirahat cukup, sekitar pukul 5:30 kita putuskan untuk berangkat bersama-sama. Tetap saya yang dikorbankan untuk di depan. :mrgreen:

Perjalanan santai dengan intensitas kendaraan yang tidak terlalu ramai menjadikan rombongan melaju tanpa ada masalah sedikit pun. Tak terasa sudah lebih 2 jam riding, waktu juga sudah menunjukkan pukul 8 pagi, saatnya mencari peristirahatan yang juga dapat mengisi kekosongan perut yang sejak tadi sudah berontak. Setelah melewati tahap seleksi yang cukup ketat, akhirnya diputuskan untuk berhenti di salah satu warung makan di daerah Gombong. :mrgreen:

Ngaso dulu bro…

Rasanya 1 jam sudah cukup untuk istirahat. Perjalanan dijalanjutkan kembali menuju arah Kutoarjo hingga selanjutnya belok kanan menuju arah Grabag. Sekitar 12 KM tibalah di jalan fenomenal sebagai jalur alternatif ke Jogja, jalan Daendels. Jalur ini terkenal karena jalurnya yang lurus dengan kondisi jalan sangat baik. Walau di beberapa bagian kecil sedikit berjuang, namun tetap menjadi jalur utama saya jika melewati daerah ini.

Perjalanan masih panjang.

At Daendels Road

Sekitar pantai Glagah, rombongan Haby cs pun memisahkan diri. Mereka ambil jalur utara Jogja menuju Tawangmangu.

Udara cukup panas dan dehidrasi yang mulai menyerang mungkin alasan tepat untuk sejenak istirahat menikmati segarnya es dawet khas Purworejo ini. Sayang sekali kang Agus sudah terlalu terlena dengan jalan Daendels yang tiada akhir hingga tak mendengar ajakan pak Kadar. Jadi hanya berdua saja kali ini yang melepas dahaga dengan es dawet ini. 😆

Cuaca panas…es Dawet…Mantap

Selang 10 menit saja, perjalanan dilanjutkan kembali sekalian menyusul kang Agus yang ternyata sudah menunggu di ujung sana. Memasuki daerah Bantul, Yogyakarta hari sudah semakin siang. Menandakan waktu solat Zuhur sebentar lagi tiba. Singgah sejenak di masjid sekitar menunaikan solat berjamaah.

Hari yang sudah semakin siang juga menandakan saatnya mengisi tenaga yang sudah mulai hilang. Set GPS menuju koordinat Soto Kalkun Pak Kenthus di ringroad Manding untuk makan siang dan istirahat lagi.

Tiba di lokasi sekitar pukul 12:45, suasana warung tampak sepi hanya sepasang muda-mudi yang sedang makan siang.

Warung Soto Kalkun Pak Kenthus

Tak perlu lama menunggu pesanan tiba. Seporsi soto Kalkun siap santap.

Soto Kalkun

Harga juga relatif murah, masih cukup terjangkau untuk biker dengan dana terbatas seperti saya ini. :mrgreen:

Menu & Harga

Sudah cukup istirahat dan tenaga sudah kembali pulih. Saatnya memulai jelajah yang sebenarnya. Siap-siap menelusuri keindahan pesisir Gunung Kidul. To be continued…

Advertisements

6 responses to “Jelajah Pesisir Gunung Kidul: Day 1 – Nikmatnya Santap Siang Soto Kalkun Pak Kenthus

  1. wow…dandleas yah kg, idul fitri kemarin lewat situ malam hari jdi gk tau pemandangannya ajib oge nink he….hiks…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s