Jelajah Pesisir Gunung Kidul: Day 1 – Pantai Baron

Sudah tiga pantai yang kita lalui walau di pantai Ngrenehan kita tidak sampai 30 menit tapi sudah lumayanlah. Tujuan selanjutnya adalah pantai Baron, perjalanan hanya sekitar 30 menit dari pantai Ngrenehan.

Mungkin karena merupakan salah satu objek wisata pantai andalan kabupaten Gunung Kidul, jalan menuju lokasi sudah dibuat dengan sangat baik. Mantap…

Jalan mulus Gunung Kidul

Tiba sekitar pukul 5 sore jadi bebas tiket masuk. Yang bertugas jaga mungkin sudah pulang, langsung menuju tempat parkir depan masjid. Siap-siap menikmati suasana pantai lagi.

Suasana pantai hari ini cukup ramai pengunjung. Liburan sekolah dan akses yang mudah membuat tempat ini cukup banyak peminatnya. Kalau di Jawa Barat tidak jauh beda dengan pantai Pangandaran kalau lagi musim liburan.

Hari yang sudah semakin sore, para wisatawan juga sudah mulai meninggalkan pantai. Jadi lumayan leluasa mengambil setiap momen yang ada.

Pantai Baron

Masih banyak yang asik bermain ombak

Mari sedikit olahraga naik ke bukit di sisi kiri pantai. Pemandangan yang disuguhkan ternyata lebih ajib jika dari atas. Sedikit terbayarkan perjuangan mencapai puncak bukit ini.

Pemandangan pantai Baron dari atas bukit

Another view

Kembali menelusuri bukit menuju arah selatan. Kita akan disajikan pemandangan laut pantai selatan yang seperti tak ada ujungnya dari tepi jurang yang cukup curam.

Tebing curam ini mengingatkan saya dengan salah satu objek wisata unggulan di Bali, Ulu Watu. Jika tak hati-hati, jurang yang tanpa pembatas ini bisa membawa petaka.

“Ulu Watu” Gunung Kidul

Senja pun sudah mulai tampak, waktu solat magrib sebentar lagi tiba. Saatnya menyudahi tadabbur alam hari ini. Kembali ke bawah menuju masjid menunaikan solat magrib berjamaah.

Senja di pantai Baron.

Selesai solat magrib, perut pun sudah mulai menunjukkan gejala kelaparan. Sebelum mencari penginapan, makan malam dulu di sekitar masjid. Banyak warung makan yang meyediakan makanan khas laut.

Memanjakan perut sudah. Waktunya mencari tempat istirahat untuk melewati malam ini. Berhubung di Baron tidak ada kamar yang cocok. Kita diantar penduduk setempat menuju pantai Kukup yang ternyata cukup dekat. Saatnya istirahat untuk persiapan jelajah besok pagi yang lebih seru lagi. To be continued…

Pantai Baron on Google Maps

Advertisements

2 responses to “Jelajah Pesisir Gunung Kidul: Day 1 – Pantai Baron

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s