Pacitan Exploride: Goa Gong

Setelah check-out dari hotel kita menuju ke arah Punung. Kali ini tujuannya adalah goa Gong yang merupakan salah satu goa paling populer di kota ini dengan stalaktit dan stalagmit luar biasa mempesona.

Tiba di pasar Punung kemudian masuk ke dalam pasar dan melewati jalan cukup mulus di belakangnya menuju TKP selanjutnya. Dari pasar Punung ke goa Gong menempuh waktu sekitar 30 menit perjalanan.

Dalam perjalanan kita juga akan melewati jalan menuju goa Tabuhan yang ada di sisi kanan jalan. Namun karena waktu yang terbatas terpakasa dilewat saja.

Tiba di lokasi sekitar pukul 8:15 pagi, suasana juga masih cukup sepi. Untuk bisa masuk dikenakan biaya retribusi Rp5.000/orang dan Rp1.000/motor.

Menuju goa akan sedikit mendaki dengan jalan yang sudah sangat bagus. Di sisi sepanjang jalan akan banyak di temui toko penjual makanan maupun souvenir khas goa ini.

Jalan menuju goa

Berhubung suasana goa masih sepi, kali saya terpaksa menggunakan jasa pemandu lokal. Tanpa pemandu saya dan istri mungkin gak berani masuk cukup jauh dari mulut goa. 😆

Begitu masuk kita langsung disuguhi pemandangan luar biasa. Tak menyesal sedikit pun saya jauh-jauh dari Bandung untuk bisa menyaksikan semua ini. Sepertinya semua perjuangan sudah terbayarkan dengan keindahan goa ini saja.

3_GoaGong11

Semakin jauh ke dalam, kita akan menemukan  beberapa stalaktit dan stalagmit yang ketika dipukul akan mengeluarkan bunyi mirip gong. Jadi inilah yang menjadikan alasan dari pemberian nama goa ini.

3_GoaGong07

Lebih dari 30 menit saya dan istri baru bisa mengitari seluruh bagian goa. Sangat puas, jauh melebihi bayangan saya sebelumnya. Jika datang lebih siang, menurut pemandu tempat ini akan sangat ramai pengunjung jadi dijamin tidak bisa leluasa menikmati pesona perut bumi ini.

Betul saja saat ke pelataran parkir, tampak sudah banyak kendaraan dengan penumpangnya yang siap memadatkan tempat ini. :mrgreen:

Mari kita sudahi kunjungan kali ini. Semoga lain kali masih bisa ke sini lagi. Siap-siap berangkat menuju tempat eksotis lainnya.

Advertisements

4 responses to “Pacitan Exploride: Goa Gong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s