Darajat Pass Garut

Bangun pagi-pagi menunaikan solat wajib 2 rakaat dan kemudian bersiap-siap menunaikan janji ke adik ipar yang sudah lama tertunda.

Kabut cukup tebal hingga menutupi gunung Cakrabuana yang biasa tampak jelas di depan mata. Hawa sejuk dari arah hamparan sawah di depan rumah sepertinya mulai memberikan semangat pagi ini.

Minggu (3/2/2013) sengaja mengisi waktu luang mengajak istri dan dua adik ipar menuju wisata pemandian air panas Darajat Garut. Sepanjang perjalanan seperti biasa hanya bisa menikmati hamparan sawah dan gunung yang banyak terdapat di kota intan ini.

Setelah perjalanan satu setengah jam dari Malangbong akhirnya tiba juga di kawasan objek wisata Darajat Pass yang berada dalam wilayah administrasi kecamatan Pasir Wangi, Garut.

Lokasi parkir yang cukup luas

Setelah membayar tiket Rp20.000/orang kita sudah bisa menikmati water park dengan kolam-kolam air panas sepuasnya. Sedikit lebih mahal memang jika dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya yang sudah semakin banyak. Namun bisa dikatakan lokasi ini cukup bersih, kolamnya cukup terawat dan juga fasilitas yang cukup lengkap.

Di area ini juga banyak disediakan saung yang tidak jauh dari kolam. Namun untuk menggunakannya kita kena charge lagi Rp10.000 tiap jamnya. Karena harus sarapan dulu yang sudah disiapkan istri pagi-pagi sekali, ya sudahlah sewa satu jam sepertinya sudah cukup.

Selesai sedikit mengisi perut dan mumpung masih sepi mari mulai menikmati sensasi air panasnya. :mrgreen:

Berdasarkan tingkat panasnya air, di sini terdapat 2 jenis kolam yang bisa dinikmati pengunjung. Di bagian atas terdapat dua kolam yang menurut saya cukup panas. Dan di bagian bawah sebuah kolam yang lebih hangat dan cukup besar dengan water boom mini.

Kolar dengan air yang cukup panas

Kolam dengan air yang cukup panas

Waterboom

Tidak cukup lama bisa bertahan menikmati suasananya. Semakin siang pengunjung juga semakin banyak berdatangan. Sepertinya sudah saatnya menyudahi wisata berendamnya. :mrgreen:

Di luar area pemandian juga terdapat sarana outbound yang bisa menjadi pelengkap liburan di sini. Tak ada salahnya mencoba fying fox, bungee trampoline, ATV ataupun berkuda sebelum meninggalkan lokasi ini. Namun setiap permainan tentunya akan dikenakan tarif lagi, hanya Rp15.000/trip. 🙂

Janjipun sudah lunas, saatnya pulang. Semakin siang jalan kecil menuju Darajat semakin ramai dengan pengunjung. Beberapa kali harus sedikit mengalah dengan bus-bus yang membawa penuh rombongan. Jika tidak ingin antri memasuki kawasan wisata tersebut saat weekend, berangkat pagi merupakan merupakan pilihan yang lebih baik saat ini. Selamat mencoba. 🙂

Advertisements

25 responses to “Darajat Pass Garut

  1. Bang hendri, ari di garut teh yg namanya ‘darajat’ banyak yach? Ngeliat di blog ini, ada yg namanya ‘Darajat Pass Garut’, ‘Puncak Darajat’, ‘Awit Sinar Alam Darajat’. Itu semua tempat yg berbeda? Trus kalo Kawah Darajat teh nu mana nyak??

    • Rata2 pemandian di sana menggunakan nama darajat kang Dany
      mungkin karena sumber air panasnya dari kawah darajat.
      Kalau kawah darajat sendiri dikelola oleh Cevron yang dijadiin PLTP
      kita juga sepertinya gak bisa bebas masuk kesana, dulu pernah dicegat satpam gak boleh masuk 🙂
      tapi kalau mau bisa cari ojeg yang ada di puncak darajat
      mereka bisa ngantar sekalian mintain “izin” masuk. :mrgreen:

    • jam 8 malam masih buka om
      tapi gak tau tutup jam berapa.
      banyak juga kok yang kesana malam.
      udara dingin emang cocok buat berendam air panas :mrgreen:

    • Jam Operasional Darajat Pass Mulai pukul 06:00 s/d 23:00 WIB kecuali penginap standbay 24 hours ,, Thank bang hendri udah berpartisivasi meng-Iklankan Darajat Pass …………..

  2. di tempat saya kerja mau ada liburan gitu. lebih recomended mana nih antara darajat pass, puncak darajat, dan awit sinar alam darajat?
    thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s