Kawah Gunung Galunggung, Tasikmalaya

Gunung Galunggung merupakan gunung berapi dengan ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut, terletak sekitar 17 km dari pusat kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Seperti biasa, hamparan sawah di depan rumah pagi ini masih berselimutkan kabut yang cukup tebal. Gunung Cakrabuana yang biasanya kokoh menjulang di depan mata hanya tampak samar-samar di kejauhan.

Sabtu (30/03/2013) pagi yang sangat sejuk. Mumpung masih dalam suasana long weekend saatnya bersama istri mengenal keindahan negeri ini lebih dekat lagi. Kali ini cukup dengan tujuan yang dekat saja. Gunung Galunggung yang hanya berjarak sekitar 50 km dari kediaman mertua di Malangbong, Garut.

Banyak jalur yang bisa ditempuh untuk menuju kawasan wisata andalan kabupaten Tasikmalaya ini. Jalur berangkat saya memilih melewati jalan Raya Sukaratu sebelum terminal Indihiang, namun jangan tertipu dengan nama “Raya” yang tersemat pada jalan ini. Jalur ini mungkin lebih cocok buat yang suka adventure, hampir 90% jalannya rusak bro. :mrgreen:

Tidak jauh berbeda dengan jalan 4 km menuju gerbang wisata, beberapa bagian jalan terasa cukup parah. Pengendara motor dituntut untuk lebih mahir menyeimbangkan tunggangannya. Sangat butuh perhatian pemerintahan setempat untuk segera membenahinya.

Sekitar pukul 9 pagi akhirnya tiba juga di lereng gunung ini yang sudah dijadikan tempat menitipkan kendaraan. Sebelumnya di gerbang utama kita harus membayar biaya retribusi Rp 4.200,-/orang dan Rp 2.000,-/motor.

Petualangan yang sesungguhnya baru akan dimulai. Untuk menuju bibir kawah sudah disediakan tangga yang cukup panjang, 620 anak tangga kawan. 😯

Siapkan mental dan fisik

Mulai mendaki, tampak sudah banyak ternyata yang juga ikut berjuang naik ke puncak. Sebagian lagi juga sedang berjuang menuruninya. :mrgreen:

Saat naik menurut saya sih tidak terlalu menguras tenaga, cuma sedikit ngos-ngosan saja. Hehehe. Cukup 20 menit sudah tiba di atas, itupun dengan jalan yang sangat santai.

Cuaca di atas cukup adem, awan cukup pekat melindungi para pengunjung dari sengatan matahari. Kabut tipis juga tampak menyelimuti dinding-dinding kawah.

Bagi yang ingin ngopi-ngopi sambil menikmati udara pengunungan yang sejuk, di sekitar bibir kawah banyak warung-warung tenda yang menyediakannya. Salut dengan para pedagang yang harus berjuang melewati tangga sepanjang itu setiap harinya.

Etalase di puncak Gunung Galunggung

Jika ingin merasakan suasananya lebih dalam, cobalah bermalam di sini. Menginap di dalam tenda, merasakan dinginnya udara dan gelapnya malam. Cukup banyak juga yang memilih cara ini, salut juga buat jiwa petualangnya.

The Nature Lovers

Awan yang sudah semakin gelap dan sesekali menjatuhkan tetesan air menjadikan pertanda kalau kunjungan harus disudahi dulu.

Perjuangan turun ternyata lebih berat kawan. Lutut rasanya sudah tidak mau diajak kompromi. Dan akhirnya waktu tempuh melebihi saat naik. 🙄

Saat pulang, jalur yang dilewati sedikit beda dengan saat berangkat. Begitu tiba di perempatan, yang ke kanan menuju Kota Tasikmalaya dan ke kiri menuju Ciawi. Ambil jalur ke kiri, ikuti jalan bagus ini hingga mentok kemudian belok kanan menuju jalan Cisayong. Hingga akhirnya akan tembus ke jalan Raya Rajapolah. Jalur ini jauh lebih nyaman dari sebelumnya. Jadi yang ingin santai, lebih baik lewat sini saja.

Alhamdulillah tiba di rumah dengan selamat tanpa hambatan. Menyisakan kenangan segarnya Gunung Galunggung dan sedikit rasa lelah. :mrgreen:

Rute Malangbong – Gunung Galunggung

Advertisements

10 responses to “Kawah Gunung Galunggung, Tasikmalaya

  1. Wah ini postingan masuk majalah bulanan THE JOURNEY Indonesian tourism magazine edisi May 2013, termuat 2 halaman. Halaman 14 dan 15 😀 .mantep bang hendri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s