Candi Ratu Boko

Ratu Boko merupakan kompleks istana megah yang selesai dibangun di abad ke-8 pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran, salah satu keturunan Wangsa Syailendra.

Berbeda dengan peninggalan purbakala lain dari zaman Jawa Kuno yang umumnya berbentuk bangunan keagamaan, kompleks ini lengkap dengan gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian, hingga pagar pelindung.

Lokasinya hanya berjarak sekitar 3 KM dari kompleks Candi Prambanan di Utara. Areal istana seluas 250.000 m2 terbagi menjadi empat, yaitu tengah, barat, tenggara, dan timur. Dan terletak sekitar 200 meter di atas permukaan laut.

Menuju Kompleks Candi Ratu Boko

Saat berkunjung ke sini, hari sudah mulai sore dan awan hitam pekat sepertinya tampak semakin dekat dengan kawasan candi. Rencana ingin menatap sunset dari sini  sepertinya terancam gagal. 😦

Mumpung teman-teman dari @sangkuriangID belum tiba semuanya. Saya sudah lebih dulu berjalan menuju lokasi yang berjarak sekitar 300 meter dari tempat parkir. Suasana tampak sepi, hanya ada beberapa rombongan kecil menikmati setiap sudut candi ini.

Gerbang Utama

Cuaca yang masih mendung ternyata tidak mengurangi sedikitpun kemegahan kompleks ini. Hanya saja seperti ada yang kurang jika tanpa sunset. :mrgreen:

Namun keceriaan menikmati suasana tenang dan sejuk ini akhirnya tidak berlangsung lama. Rintik-rintik hujan mulai membubarkan pengunjung. Ya sudahlah, saatnya pulang.

Oh ya, sebelum pulang. Jangan lewatkan pemandangan cantik dari Boko Resto, candi Prambanan tampak di kejauhan yang mulai berselimutkan malam.

Candi Prambanan dari Boko Resto

Tiket masuk (* April 2013 :

  • 6 tahun : Rp. 25.000
  • 6 tahun  : Rp. 10.000
Advertisements

13 responses to “Candi Ratu Boko

  1. mohon info, Mas
    candi boko tutupnya jam berapa? soalnya pengen menyaksikan sunset…
    jam 06.00 apa masih boleh di areal candi?
    matur nuwun

  2. Pengen ngajak dinner kekasih kesini, dinner sambil menikmati view Candi Prambanan malam hari kayaknya oke banget, sekalian melamar kekasihku disini kayaknya mantep banget 😀

  3. sayang sekali nggak ada sunset…
    saya orang jogja tapi malah belum pernah kesini, kalau prambanan malah sering
    hehehe
    kalau jam 4 sore apa masih buka candi bokonya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s