Keindahan Di Balik Kisah Tragis Curug Orok

Satu lagi pesona alam Garut Selatan yang bisa menyejukkan mata. Tidak begitu jauh, hanya sekitar 25 KM dari pusat Kota Garut. Mereka menyebutnya Curug Orok. Terletak di desa Cikandang, kecamatan Cikajang yang dikelola langsung dari PTPN VIII Jawa Barat.

Menurut cerita masyarakat setempat air terjun ini diberi nama Curug Orok, diambil dari kisah seorang ibu muda yang dulu sekali membuang bayinya dari puncak air terjun. Tragis pisan euy.

Area perkebunan teh tempat air terjun ini berada, sebelumnya sudah dilewati saat akan menuju ke Curug Sanghyang Taraje. Dan memang sudang direncanakan akan dikunjungi saat pulang dari sana.

Hamparan kebun teh yang hijau menyegarkan mata menemani hampir sepanjang perjalanan dari Kecamatan Pamulihan hingga masuk kawasan Curug Orok.

Jalannya mulus gan.

Hamparan hijau kebun teh dengan latar pegunungan. Sejuk.

Hamparan hijau kebun teh dengan latar pegunungan. Sejuk.

Berbeda dengan Curug yang sebelumnya dikunjungi, untuk bisa melihat air terjunnya tidak gratis lagi. Per orang dikenai biaya restribusi sebesar 10 ribu rupiah dan biaya parkir motor 2 ribu saja.

Setibanya di tempat parkir kendaraan, suara air terjun sudah terdengar cukup keras dari bawah bukit ini. Puncak air terjun juga sudah terlihat samar-samar dari balik pohon-pohon yang banyak tumbuh di sekitarnya.

Tidak sampai 10 menit kaki sudah menapak persis di depan air terjun dengan ketinggian sekitar 45 meter. Walau sangat terik, ternyata tidak menghilangkan semangat pengunjung bermain lebih dekat dengan sumber air.

Curug Orok, Taman air terjun di Garut Selatan.

Suhu kepala yang sudah semakin meningkat, hanya membuat saya bertahan di sini sebentar saja. Air terjun dengan lokasi yang cukup terbuka hanya cocok dinikmati saat pagi dan sore hari saja. Atau saat matahari tidak begitu menyengat.

Setiap harinya air terjun ini selalu ada pengunjung. Saat hari libur jumlahnya akan semakin meningkat. Sudah menjadi tujuan wisata mainstream memang, namun tidak ada salahnya dikunjungi hanya untuk merasakan betapa segarnya air dari Curug ini membasahi muka. :mrgreen:

Happy holiday gan!!!

Advertisements

30 responses to “Keindahan Di Balik Kisah Tragis Curug Orok

  1. Kelihatannya angker ya Mas air terjunnya :haha.
    Wow, jalan ke air terjunnya indah sekali, ada langit biru mutlak serta perkebunan teh :)).

  2. wah itu ga jauh dari rumah saya, mampir kali mas ke rumah .. hihi .. wisata di garut cikajang sebenernya banyak cuman ga ekspose aja .. laut-laut di pamengpeuk juga indah cuman jalannya butuh nyali .. setiap hari libur panjang jalan menuju pameungpeuk tuh padat merayap, bahkan padat banget. trus d jalan yang mau ke pameungpeuk juga bisa menikmati Batu yang besar di kelilingi kebun teh yang biasa di sebut Batu Numpang πŸ™‚ cuman sekedar informasi kang πŸ™‚ siapa tau mau travelling kesana .. hihi

  3. Halooo salam kenal πŸ™‚ Kunjungan balik nih hehehe.

    Dulu waktu masih kuliah di Bandung aku pernah main-main ke air terjun ini. Tapi baru tau asal muasal namanya “Curug Orok” dari postingan kamu. Tragis juga ya cerita di balik air terjun ini. 😦

  4. Curugnya cantik, seger gitu, walaupun agak trenyuh juga dengar nama dan kisahnya 😦

  5. wow..tempatnya bagus banget gan, jadi ngiler pingin nyobain traveling kesan eh ==” hiksss.. oya gan ane juga ada info nih buat yang pingin liburan ke Raja Ampat ^^

  6. Air terjunnya keren banget, ih…..walau dongeng terciptanya serem banget. Ternyata banyak tempat-tempat indah alami di negeri tercinta ini. Thanks teman sudah berbagi….
    Bila YMK berkenan, satu waktu ingin juga datang ketempat indah ini.

  7. Mohon info untuk akses transportasi umum menuju ke sini dong kang.. Saya rencana dari bandung mau pake kereta sampe cibatu..
    Trus ada lahan buat campingnya ga??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s